Connect with us

Batu Bara

1,6 Miliar Dana HUT Batu Bara 2019 Akan Berujung ke BPK dan Penegak Hukum

Published

on

Lapangan Bola Kaki Limapuluh terlihat gersang pasca digunakan pegelaran HUT ke-13 Batu Bara 2019 (Jangkau/Yusroh)

JANGKAU.com, Batu Bara – Anggaran fantastis sebesar 1,6 miliar untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 pemerintah Kabupaten Batu Bara yang dilaksanakan selama 5 hari di lapangan Lima Puluh mulai disoal oleh dua organisasi.

Pasalnya, Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (KAMPAK) dan Barisan Rakyat Tertindas (BARAT) menduga ada aroma dugaan tindak pidana korupsi dan mark up di kegiatan tersebut.

Ketua KAMPAK Batubara, Muhammad Asroruddin Hasibuan, di lokasi kegiatan HUT Batubara XIII 2019 mengatakan ada dugaan Korupsi dan Mark Up pada kegiatan HUT Batubara 2019, dan dinilai telah merugikan keuangan negara.

Menurut Asro, dari hasil Investigasi yang ditemukan oleh Kampak dan Barat sedikitnya ada beberapa item yang tidak sesuai dengan RAB dan diduga telah terjadi Mark Up oleh Even Organizer (EO) Pemenang tender CV. YH.

“Dari pagu 1,6 Milyar Rupiah terdapat beberapa Item yang di antaranya Pengadaan Teratak Tamu, Reging (Panggung) dan Stan, Oprasional Juri, Operasional MC, Biaya Oprasional untuk beberapa perlombaan serta hadiah untuk beberapa Cabang Perlombaan, Dekorasi Stan OPD, Dokumentasi dan media, serta biaya pengamanan kegiatan,” kata Asro

Asro menyebutkan, berdasarkan investigasi Kampak dan Barat secara keseluruhan sesuai data yang diperoleh di lapangan serta RAB kegiatan anggaran 1,6 Milyar diduga terjadi Mark Up lantaran ada ketidaksesuaian pelaksanaan seperti stan, teratak, reging (Panggung), hadiah lomba, biaya oprasional MC, juri dan operasional artis dengan RAB.

“Kami yang tergabung di Kampak dan Barat akan segera menyampaikan beberapa hasil investigasi kegiatan Hut XIII Batubara 2019 tersebut kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP) Perwakilan Sumatera Utara, setelah mendapat hasil Audit BPK tersebut kita akan lanjutkan kepada penegak Hukum,” tutup Asro Hasibuan. (MYH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.