Batu Bara News

Warga Resah, Bangunan Dana Desa TPA Di Kuala Indah Jadi Sarang Hantu

Jangkaucom, Batubara – Bangunan sarana dan prasarana Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Desa Kuala Indah Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara terbengkalai begitu saja tanpa pemanfaatan.

Bangunan bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 atau dimasa kepemimpinan kepala Desa Matsya tersebut tidak pernah difungsikan semenjak selesai dikerjakan satu tahun lalu. Bahkan lantai bangunannya sudah ada yang retak dan tembok bangunannya hampir sama seperti papan tulis karena tidak pernah dirawat.

Bangunan bernilai puluhan juta tanpa perencanaan matang itu pun dinilai hanya menghambur-hamburkan uang rakyat karena tidak ada keseriusan pemerintah untuk memanfaatkannya.

“Bangunan itu sudah lama selesai dikerjakan, namun tidak pernah difungsikan. Malah sudah ada yang retak lantai depannya. Terlihat jelas tembok depan yang dicoret coret. Jelas itu menghamburkan uang rakyat,” ucap Hermansyah Tokoh Pemuda Kuala Indah, Senin (9/9/2019).

Selain itu, lanjut Hermasnyah, bangunan tersebut belum ada timbang terima ke masyarakat atau tokoh lainnya. Sehingga bangunan itu hingga saat ini tidak ada satu pun masyarakat yang berani memungsikan bangunan itu.

“Pemerintah tidak bertanggung jawab atas apa yang telah di perbuat,” pungkasnya.

Pemerintahan Desa Kuala Indah melalui Ngatsrik selaku Sekretaris Desa kepada jangkau.com menuturkan TPA tersebut sudah diserahkan kepada seorang bernama Matnur.

“Ya kalau kapan terlesaikan Itu terserah kepala Dusun Nlnya lah, pokok nya sudah kitah suruh diterima murid nya dari tahun ajaran semalam,” ucap Ngatsrik.

Tinggal lagi, lanjutnya, tergantung masarakat situ lah. Kemaren itu mintak nya ngotot-ngotot kan kami sudah bilang apa nanti layak di situ. Adakah kah guru nya sementara untuk honor nya gak ada.

Menjawab soal serah terima bangunan, Ngatsrik mengakui belum melakukannya lantaran kegiatan belum berjalan atau belum memiliki murid.

“Begitu ada anak murid nya baru kita serah terima resmi,” ucapnya.

Ngatsrik beralasan, sebelumnya ia sudah kompirmasikan Kepada Kepala Dusun M.Syukur Nasution sebelum mengundurkan diri dari Kepala dusun 4.

“Tolong realisasikan dulu TPA itu. Pak Syukur bilang lampu belum ada Buk kepada saya. langsung kita pasang lampunya supaya terealisasi” ucap Srik.

Nah, jawab Ngatsrjk, ini lampu sudah kita pasang, terkait itu belum jalan kita tidak tau. Coba tanya aja ke pak Matnur Pj Kepala Dusun 4 kuala indah. (M Arif)

One thought on “Warga Resah, Bangunan Dana Desa TPA Di Kuala Indah Jadi Sarang Hantu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.