Connect with us

Sumut

BIN dan BNPT Dinilai Gagal, HMI Sumut Tekankan Pemerintah Serius Cegah Terorisme

Published

on

Ketua Umum Badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi. Foto/Istimewa

JANGKAU.com, Medan – Badan Koordinasi HMI Sumatera Utara M Alwi Hasbi Silalahi menyebutkan selain BIN dan BNPT, pemerintah juga punya peran penting dalam mencegah dan mendeteksi lahirnya aksi-aksi terorisme di kalangan masyarakat

Hal tersebut muncul pasca terjadinya aksi bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan di Jalan HM Said Medan, Rabu, (13/11/2019) pagi.

Sebelumnya M Alwi Hasbi Silalahi mengkritik jika BIN dan BNPT telah gagal menjadi meredam dan mencegah aksi terorisme.

Namun Hasbi meyampaikan bahwa pemerintah di tataran paling dasar seperti kepala lingkungan (kepling) harus berperan aktif mencegah dan mendeteksi aksi terorisme.

“Karena kan itu warga mereka, harusnya mereka kan sering berinteraksi, janganlah ada kepala lingkungan yang tinggal tidak di lingkungan tempatnya bertugas,” ungkap Hasbi, Jumat (15/11/2019).

Selain itu Hasbi juga mendorong agar pemerintah kabupaten/kota membuat aturan terkait peran penting setiap elemen pemerintah dalam mencegah dan mendeteksi aksi terorisme.

“Kita akan dorong pemerintah kabupaten/kota agar membuat peraturan daerah tentang peran penting setiap elemen masyarakat dalam mencegah dan mendeteksi amsi terorisme,” ucapnya.

Terkhusus, lanjut Hasbi, kepada para kepala lingkungan yang memang langsung bersentuhan dengan masyarakat di lingkungannya.

“Kepling harus punya data yang lengkap terkait warganya, data keluar masuk warganya, harapannya agar aksi terorisme langsung bisa di cegah,” tegas Hasbi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.