Connect with us

Batu Bara

Desa Sumber Padi, Percontohan UP2K Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja

Published

on

Bupati Batu Bara Ir Zahir (tengah) saat mengunjungi Desa Sumber Padi, Minggu (10/11/2019)

JANGKAU.com, Batu Bara – Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh merupakan desa percontohan di Kabupaten Batu Bara kategori Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K) yang berhasil menciptakan lapangan kerja baru.

Saat ini desa tersebut sedang mengikuti perlombaan desa tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk kategori UP2K meliputi UMKM dan kelompok lapangan di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan. Kelompok ini merupakan binaan tim penggerak PKK Batu Bara.

Bupati Batu Bara, Zahir, usai pelaksanaan upacara hari pahlawan, Minggu (10/11/2019) turun meninjau kegiatan tersebut.

Pada kunjungan tersebut, Bupati didampingi Kadis PMD Radiansyah F. Lubis, Plt Kadis Pendidikan Ilyas Sitorus, Camat Lima Puluh Adri Aulia Harahap dan Kades Sumber Padi Effendi Saragih.

Kunjungan diawali meninjau kelompok lapangan Maju Bersama. Kelompok ini bekerjasama dengan Karang Taruna membuat inovasi mengenai pengelolaan Bank sampah.

Mereka mengolah sampah-sampah plastik menjadi paping block. Juga mengolah ban bekas menjadi kursi, meja serta kerajinan lainnya.

Bupati selanjutnya meninjau kelompok UMKM Mekar Lestari. Kelompok ini dikelola para wanita tani Desa Sumber Padi dibawah binaan PKK Kab. Batu Bara.

Pada peninjauan berikutnya, Bupati tertarik melihat langsung pembuatan rengginang singkong, manggleng, kelenting dan opak di kediaman Warsinem.

Produksi rengginang tersebut selama ini dikenal dengan rengginang Kak Rei.
Kepada Bupati, pembuat rengginang Warsinem menyampaikan bahwa rengginang singkong yang di produksinya memiliki 6 varian rasa. Ada rasa buah naga, pandan, bon cabe, udang, bumbu peyek dan original.

Sedangkan untuk produksinya sehari dapat mencapai 100 kg dengan mempekerjakan 9 orang ibu-ibu rumah tangga di sekililing tempat tinggalnya.

Setelah melihat langsung produksi UP2K Desa Sumber Padi, spontan Bupati menyatakan kebanggaannya.

“Ini sangat membanggakan, di Desa Sumber Padi ada indrustri rumahan yang kualitas kemasannya sudah seperti internasional dan ini akan kita kembangluaskan,” pujinya.

Bupati berharap produksi Desa Sumber Padi harus segera di pasarkan pada tempat-tempat strategis. Pemasaran tersebut diyakini Bupati cikal bakal tumbuhnya unit ekonomi baru serta tumbuhnya pendapatan baru.

“Dengan demikian usaha uang dikelola UP2K binaan TP PKK menjadi sebuah mata pencarian di Desa Sumber Padi,” harap Bupati.

Berbagai pihak seperti Kades, Camat Lima Puluh dan TP PKK Desa, Kecamatan dan Kabupaten bekerja extra keras sehingga segala izin yang diperlukan terkait produksi sudah terbit.

“Izin izin sudah keluar sehingga tidak ada lagi yang mengaku ngaku ini buatan kami. Ini adalah kreatifitas UP2K binaan TP PKK di Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh.
Kini tinggal kita promosikan dan nantinya harus bisa dipasarkan pada market yang ada di wilayah Kabupaten Batu Bara,” pungkas Bupati. (eps)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.