Connect with us

News

Facebook Perlu Nahkoda Baru

Published

on

Jangkau.com – Mark Zuckerberg dan Facebook tidak dapat dipisahkan sejak ia meluncurkan jejaring sosial 15 tahun yang lalu. Tetapi kurangnya perspektif membantu menyelesaikan masalah eksistensial yang dihadapi perusahaan saat ini. Prioritasnya adalah Facebook perlu nahkoda baru yang dapat mengambil alih dan memenuhi tantangan.

Perusahaan telah terguncang sejak pemilihan presiden A.S. 2016, ketika Zuckerberg menepis peringatan bahwa operator yang didukung Kremlin memanipulasi platform untuk mempengaruhi pemilih. Kekhawatiran tentang berita palsu dan pelanggaran privasi telah mendorong pengguna untuk meninggalkan jaringan dan politisi untuk menuntut regulasi. Mengatasi krisis akan membutuhkan model bisnis baru, sama seperti penilaian Facebook terlihat di atas bukit.

Perusahaan mengumpulkan data dari lebih dari 2 miliar anggota dan memberikannya kepada pengiklan sehingga mereka dapat menargetkan pesan mereka. Mempromosikan konten yang kontroversial dan memecah belah sementara mempersulit pengguna untuk mengontrol informasi pribadi mereka adalah bagian dari mesin uang. Facebook membersihkan dengan baik untuk menghindari kehilangan lebih banyak pengguna atau Facebook harus mencari aliran pendapatan yang berbeda.

Perusahaan telah menghadapi kemunduran sebelumnya. Tak lama setelah go public pada tahun 2012, ia kehilangan sekitar setengah dari nilai pasar $ 25 miliar pada saat itu karena khawatir tidak akan dapat memindahkan iklan ke ponsel dari komputer desktop. Zuckerberg dan Chief Operating Officer Sheryl Sandberg mengatasi tantangan itu, tetapi mereka tidak mengubah model dasar. Apa yang mereka lakukan adalah biaya ganda.

Asumsi hal yang sama terjadi pada 2019 dan biaya operasi naik menjadi $ 50 miliar. Sementara itu, pertumbuhan pendapatan melambat menjadi 24 persen, menurut estimasi analis rata-rata dari I / B / E / S Refinitiv, mencapai $ 68 miliar. Pajak atas laba dengan tarif standar perusahaan hingga $ 15 miliar. Pada kelipatan 17 kali pendapatan Facebook saat ini, nilainya akan mencapai $ 260 miliar – kira-kira sepertiga lebih kecil dari nilainya pada akhir November.

Untuk bertahan dan berkembang, perusahaan harus melakukan lebih dari menggeser iklan ke platform lain. Sebagai pemimoin, kepala eksekutif dan pemegang saham pengendali, Zuckerberg dapat terus bertengkar. Tetapi dia akan lebih baik untuk melepaskan peran eksekutifnya kepada seorang manajer yang lebih siap untuk mengatasi masalah, mungkin seseorang dari dunia keuangan yang sangat berkompeten, atau seorang eksekutif media.

Untuk inspirasi, dia bisa mencari mentor Bill Gates. Dia menyerahkan gelar CEO di Microsoft hampir dua dekade lalu. Sekarang menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Sumber : Reuters

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.