Connect with us

Kilas

Hujan Sebabkan Longsor, Pagar Masjid Al Jeniah Petatal Ambruk

Published

on

Jangkau.com, Batu Bara – Hujan dengan intensitas tinggi yang menerpa Kabupaten Batu Bara beberapa hari terakhir menyebabkan luapan banjir di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Batu Bara khususnya yang berdataran rendah.

Hujan deras yang turun sepanjang malam, Sabtu (26/10/2019) hingga subuh juga mengakibatkan longsor di Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar.

Mesjid Al Jeniah Petatal yang berada di sisi Jalinsum Tebing Tinggi – Kisaran terkena imbas hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor.

Pantauan wartawan, tanah di satu sisi mesjid longsor. Akibatnya pagar mesjid roboh, lantai semen hingga ke bangunan mesjid retak-retak. Fondasi mesjid juga ikut retak akibat tanah dibawah bangunan longsor.

Ayu (31) seorang warga yang rumahnya berada di depan mesjid Al Jeniah mengatakan mendengar suara gemuruh saat tanah dipelataran mesjid longsor yang diikuti robohnya pagar mesjid.

Di berbagai kecamatan yang diserang banjir mengakibatkan ratusan rumah warga terendam air. Bahkan ada yang mencapai kedalaman 1 meter.

Diperkirakan puluhan rumah umumnya semi permanen roboh akibat hujan deras disertai angin kencang.

Beberapa bangunan pemerintah juga tergenang air yang juga dampak meluapnya anak sungai yang berasal dari Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Asahan.

RSU Indrapura di Kecamatan Air Putih milik Pemprovsu serta sekolah dasar negeri di Desa Guntung Kecamatan Lima Puluh Pesisir juga turut terendam air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara, Anuardi, telah mengirimkan tim Tagana guna membantu warga yang terkena banjir. Di beberapa tempat didirikan posko dan tenda darurat menampung warga yang membutuhkan bantuan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.