Kilas Daerah News

Cetak Kader Baru, PMII laksanakan Pelatihan Kader Dasar di Dairi

Jangkau.com, Dairi – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Kabupaten Dairi. Pengkaderan yang diprakarsai oleh alumni dan kader tersebut berlangsung selama tiga hari, Jum’at hingga Minggu (25/08/2019).

PKD yang dilaksanakan di Aula lokasi Masjid Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara tersebut mengangkat tema “Menciptakan insan pergerakan yang berjiwa CINTA (Cerdas, Ilmiah, Nasionalisme, Tanggungjawab dan Agamis) di era milenial”.

Alumni PMII yang juga ketua GP Ansor Dairi Kamidun Solin mengataka sesuai AD/ART PMII disebutkan bahwa PKD merupakan kaderisasi formal tahap kedua setelah mengikuti MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru).

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melahirkan kader generasi muda yang berintelektual tinggi, berwawasan kebangsaan dengan dasar paham ahlussunnah wal jama’ah.

“PKD merupakan kaderisai lanjutan setelah kegiatan MAPABA, dan di Dairi kita (alumni PMII/red) beserta kader telah melaksanakan dua kali kegiatan MAPABA dalam tahun ini dan PKD ini merupakan follow up-nya. Mudah-mudahan kegiatan ini,” ujar Solin.

Kegiatan yang dihadiri langsung ketua PKC PMII Sumatera Utara, Azlansyah Hasibuan diwakili oleh wakil ketua bidang kaderisasi Ibnu Raash Al Eslami tersebut terlaksana dengan lancar dan khidmat. Lainnya, tampak hadir Muhammad Tarmizi (ketua PC PMII Deli Serdang), Diris Pulungan (mantan ketua PC PMII Padang Sidempuan), serta beberapa pengurus PKC PMII Sumut lainnya sekaligus bertindak sebagai pemateri dan instruktur.

Ketua panitia, Saru Kudadiri didampingi Sekretaris Panitia Indah Syahputra Padang menyampaikan bahwa peserta kegiatan tersebut bersumber dari mahasiswa dan mahasiswi Dairi sebanyak 22 peserta, dan yang berhasil lulus 16 orang.

“Yang lulus sejumlah 16 orang, sesuai dengan laporan penilaian yang diserahkan salah seorang instruktur yaitu sahabat Jevri Sagala. Mereka (instruktur) dengan berpedoman pada AD/ART PMII akhirnya memutuskan daftar peserta yang dinyatakan berhasil lulus PKD,” ungkap Saru.

Beberapa alumni PMII lainnya seperti Fitrianto Berampu, Selamat Bahagia Maha, Anwar, Idrus tampak antusias mendampingi terlaksananya kegiatan tersebut.

Salah seorang alumni PMII, Fitrianto Berampu berpose bersama peserta PKD usai memberikan materi (25/08/2019)

Perwakilan alumni, Fitrianto Berampu mengatakan sebagai kader PMII harus terus bergerak dalam mengasah dan menggali potensi diri serta dapat memberi manfaat bagi sekelilingnya.

“Berjuang tanpa lelah, berhenti tanda mati,” ujar Fitrianto yang juga menjabat Sekretaris PDI-P Kabupaten Dairi.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, ketua PAC GP Ansor Kecamatan Tigalingga Adi Wardoyo Manik, ketua PAC GP Ansor Sumbul Bahmid Kudadiri, kader Banser (Barisan Ansor Serbaguna) Dairi, Isra’ Saing, beberapa pengurus GP Ansor Dairi dan tamu undangan lainnya.

Turut berpartisipasi juga PC NU Kabupaten Dairi, Muslimat NU Kabupaten Dairi, Fatayat NU Kabupaten Dairi beserta seluruh alumni PMII di kabupaten Dairi.

One thought on “Cetak Kader Baru, PMII laksanakan Pelatihan Kader Dasar di Dairi”

  1. I just want to tell you that I am just all new to weblog and honestly enjoyed you’re website. Most likely I’m going to bookmark your site . You amazingly come with amazing article content. Appreciate it for revealing your blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.