Connect with us

Nasional

KPK Panggil Plt Kadis PU Kota Medan Terkait Suap Proyek

Published

on

JANGKAU.com, Jakarta – Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) memanggil Plt Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan, sebagai saksi kasus dugaan suap Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin. Khairul rencananya diperiksa untuk tersangka Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kota Medan Isa Anshari.

Selain itu, Staf Bagian Jalan dan Jembatan Dinas PU Pemkot Medan, Wahyu Hidayat juga dipanggil sebagai saksi kasus tersebut. Wahyu juga akan diperiksa untuk Isa Anshari.

“Hari ini KPK mengagendakan pemeriksaan terhadap Plt Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan dalam tindak pidana korupsi suap terkait dengan proyek dan jabatan pada pemerintah Kota Medan tahun 2019,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dalam kasus ini, Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin ditetapkan sebagai tersangka suap oleh KPK. Penetapan tersangka dilakukan setelah Eldin bersama dua orang lainnya, yakni Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari (IAN) dan Kepala Bagian Protokoler kota Medan Syamsul Fitri Siregar (SFI) terjerat OTT KPK pada Selasa (15/10).

Dalam perkara ini, Dzulmi diduga menerima sejumlah uang dari Isa Ansyari. Pertama, Isa memberikan uang tunai sebesar Rp20 juta setiap bulan pada periode Maret sampai dengan Juni 2019. Pada 18 September 2019, Isa juga memberikan uang senilai Rp50 juta kepada Dzulmi.

Pemberian kedua terkait dengan perjalanan dinas Dzulmi ke Jepang yang juga membawa istri, dua orang anak, dan beberapa orang lainnya yang tidak berkepentingan, Isa lalu memberikan uang sebesar Rp250 juta pada 15 Oktober 2019. (Ant)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.