Connect with us

Kilas

New Normal Corona, Mencapai Satu Tingkat Kesadaran dan Sikap Hidup Baru

Oleh Danil Fahmi, SH.

Jangkau.com – Begitu banyak tulisan-tulisan yang menjelaskan tentang Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), mulai dari kajian ilmiah klinis, analisa dampak ekonomi, politik, pemerintahan, kajian sosial masyarakat, hingga prediksi pemulihan (recovery prediction) akibat yg disebabkan oleh merebaknya virus ini.

Tak kurang banyaknya komentar-komentar tokoh publik hingga masyarakat awam baik yang benar-benar memahami hingga yang sekadar “mengaku” faham, memberikan begitu massive-nya argumentasi positif sampai negatif bahkan doktrin-doktrin anti keilmiahan tentang Covid-19 ini.

Kemajuan sosial media dan teknologi informasi mainstream juga mempercepat arus info tersebut ke hadapan publik, sehingga setiap saat masyarakat disuguhi paparan stigma yang lebih parah dibanding penyebaran Virus itu sendiri.

Di mana kita dituntut untuk bisa melakukan pemurnian (purefiying) dan spesialisasi (pemilahan) pada pola berfikir (mindset), pengambilan keputusan (desicion making) dan sikap mental (mental attitude) dalam menghadapi Corona ini.

Hari ini kenyataannya. Ada kesimpangsiuran manajemen penyelesaian Corona mulai dari level regulasi, teknis hingga manajemen isu di masyarakat.

Hal ini menyebabkan menurunnya tingkat partisipasi publik secara sukarela dan kesadaran pribadi dalam penanganan Covid-19.

Ada sisi di mana pemerintah ingin melakukan edukasi dan indoktrinasi pada masyarakat bahwa Covid-19 bukanlah momok penyakit yang tidak bisa dikalahkan dan disembuhkan bahkan dikendalikan, hal mana terungkap pada berbagai propaganda massal bahwa pemutusan rantai penularan “hanya” dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan, melaksanakan Social – physical Distancing hingga konsistensi penggunaan masker.

Di sisi lain, secara umum rendahnya tingkat kesadaran ilmiah yang menjadi dasar pembentukan sikap hidup keseharian, membuat masyarakat abai atas anjuran-anjuran fundamen yang disampaikan pemerintah di atas serta bertambah-tambah dengan maraknya corak dan ragam informasi yang harus mendera sadar dan bawah sadar berfikir manusia yang menjadikan pribadi-pribadi yang “bebal” (abai kesadaran hidup).

Pemerintah tidak akan mampu mengatasi dampak Corona ini secara partikular (sepihak), bahkan dengan kemampuan financial recovery yang mumpuni tanpa ada satu partisipasi public yang berdasarkan kesadaran ilmiah dalam sikap hidup dan kepatuhan dalam pelaksanaannya.

Dengan dilaunching-nya “New Normal” menjadi satu kekhawatiran yang patut diperhitungkan dan difikirkan bahwa tanpa kesadaran ilmiah dalam sikap hidup dan kepatuhan maka yang terjadi adalah kita akan sampai pada puncak masalah yang lebih tinggi dari grafik fase kedua perjalanan siklus hidup dan penanganan Corona.

Puncak kedua ini disadari akan membawa implikasi korban dan penyebaran jauh lebih hebat dari fase pertama.

Mari kita sadari lebih awal dengan satu kepatuhan yang inisiatif (sukarela) dan partisipatif (keterlibatan), proaktif (aksi) serta provokatif (pengaruh positif).

Bahwa sehebat apapun program pemerintah baik dari sisi pencegahan, pengendalian dan penanganan virus serta pemulihan dampak-dampaknya, dipastikan tidak akan berjalan dan maksimal tanpa ada sokongan masyarakat karena semua sasarannya adalah masyakat itu sendiri.

Mari menjadi role model (contoh hidup) dan role agent (agen perubahan), paling tidak bagi cluster terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga kita sendiri sehingga cita-cita negara menjadi “New Normal” yaitu mencapai satu tingkat kesadaran dan sikap hidup yang baru menghadapo Covid-19 dapat segera tercapai.

Continue Reading
Advertisement
5 Comments

5 Comments

  1. เบอร์มงคล

    Juni, 08/06/2020 at 4:43 pm

    I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  2. SMS

    Juni, 15/06/2020 at 3:55 am

    Very good article! We are linking to this particularly great content on our site. Keep up the great writing.

  3. g many

    Juni, 20/06/2020 at 8:02 am

    If some one needs expert view regarding blogging and site-building then i suggest him/her to
    go to see this weblog, Keep up the nice work.

  4. g with

    Juni, 21/06/2020 at 9:46 pm

    Awesome post.

  5. cbd oil that works 2020

    Juni, 29/06/2020 at 3:55 am

    Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!

    Extremely helpful info particularly the remaining part 🙂 I take care of
    such information a lot. I was looking for this certain information for a very
    long time. Thanks and good luck.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.