Connect with us

Batu Bara

Pemkab Batu Bara Sosialisasi Penyuluh Hukum dan Sumber Daya Laut

Published

on

JANGKAU.com, Batu Bara – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan melakukan penyuluhan hukum dan pendayagunaan sumber daya laut di aula kantor Desa Lalang Jln Acces Rood Inalum Kecamatan Medang Deras, Selasa (22/10/2019).

Kegiatan mengangkat ‘tema Penyuluhan Tentang Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP NRI-571 ) dan registrasi kapal 5 GT.

Hadir Kabid Pengendalian Dinas Perikanan Kabupaten Batubara Azmi S. St. Pi, didampingi staff Syukur Nur Amin S.Pi, Pol Airud Ipda E Sihombing, Kasi Penyelenggaraan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  Zulkifli Nasution Ama. Pd, James Simanjuntak, Pj Kades Lalang Ruslan SH dan masyarakat pemilik kapal.

Kabid  Pengendalian Dinas Perikanan Azmi S.St.Pi meminta warga nelayan yang hadir untuk mendaftarkan kapal milikinya agar dinas dapat mendata sehingga mempermudah untuk mendapatkan kuota BBM.

“BBM langka karena banyaknya kapal yang ada tidak terdaftar di dinas  kami. Sebenarnya BBM bukan langka melainkan kami tidak mendapatkan data kapal yang ada beroperasi didaerah ini,” katanya.

Azmi mengatakan untuk menghindari kelangkaan BBM, masyarakat nelayan yang memiliki kapal segera mendaftarkan ke dinas Perikanan Batubara.

“Segera daftarkan kapal kapal yang ada supaya kami mudah mendata kebutuhan berapa banyak BBM yang dibutuhkan,” pintanya.

Untuk menghindari penangkapan, para nelayan diharapkan  dapat mengetahui zona tangkap yang telah ditetapkan.

“Patuhi dan lihat zona tangkap agar tidak berurusan dengan hukum,” tegasnya.

Disisi lain, Ipda E Sihombing dari Sat Pol Airud Belawan bermarkas di Kabupaten Batubara mengharapkan pemilik kapal segera meregistrasi kapal yang ada,  termasuk kapal 5 GT dihimbau agar tidak tidak memasuki wilayah perairan Malaysia.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.