Connect with us

Batu Bara

Solusi Persaingan Kerja, Pemuda Kuala Tanjung Tawarkan Program BLK Komunitas

Published

on

JANGKAU.com – Menata arah baru pasar kerja produktif mengikuti perkembangan kebutuhan industri era 4.0, perlu dorongan kuat peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) ketenagakerjaan terutama bagi masyarakat kabupaten Batu Bara.

Memanfaatkan teritorial Industri Kuala Tanjung sebagai peluang besar meningkatkan kesejahteraan pekerja ke depan.

Sebagai upaya, muncul satu gagasan dari tokoh Pemuda Kuala Tanjung, Muhammad Suhaimi, agar masyarakat mendapat akses pelatihan kerja. Alat adaptasi perkembangan zaman melekatkan para pekerja dengan sebuah keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Muhammad Suhaimi pun berupaya melaksankan agenda Workshop lewat Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Pelatihan dan sertifikasi guna melahirkan angkatan kerja terlatih untuk menangkap peluang kerja bagi mereka yang generasi kerja baru.

“Fungsinya sebagai jenjang untuk melatih mental, dan skill kerja sebelum mreka masuk dunia kerja nyata,” ucap Suhaimi, Jumat (13/12/2019).

Tugas pokok didirikannya BLK, lanjut Suhaimi, melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk calon tenaga kerja, pencari kerja las, pengoprasian mesin bubut, teknik komputer dan kebutuhan lain.

Menerjemahkan program ini, kepada pemerintah Suhaimi juga mendorong agar ada kolaburasi baik antara pemerintah dengan masyarakat dalam perwujudan BLK tersebut. Karena kemajuan era digital akan terus memaksa pemerintah dan masyarakat melakukan perubahan.

“Jika kita tidak mampu menghadirkan skill dan kalah bersaing. Tentu masyarakat Batu Bara akan terus tergerus oleh pekerja luar,” ucapnya. (Arif)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.