Connect with us

Batu Bara

13 Tahun Pemekaran Batu Bara, Wilayah Ibu Kota Tidak Bertambah

Published

on

Jangkau.com, Batu Bara – Meski sudah 13 tahun Kabupaten Batu Bara mekar dan menjadi daerah otonom namun luas wilayah Lima Puluh sebagai ibu kota kabupaten tidak kunjung bertambah luas.

Demikian disampaikan Ketua Forum Aliansi Muda Mudi Masyarakat Lima Puluh (Family), Zainduddin, Selasa (11/02/2020).

Dikatakan, luas wilayah Lima Puluh Kota masih tetap sesuai ketetapan yang dikeluarkan Menteri Muda RI Mr. Singgih tahun 1956 yakni 100 ha.

Bahkan mirisnya kantor kelurahan Lima Puluh Kota malah ‘dicaplok’ dan dijadikan Kantor Dinas Perizinan Kabupaten Batu Bara. Sebagai gantinya rumah dinas Camat Lima Puluh dijadikan kantor Lurah.

Selain kantor Lurah yang ‘dicaplok’ menjadi Kantor Dinas Perizinan, ternyata kantor Camat Lima Puluh malah sudah dua kali ‘dicaplok’.

Pertama, kantor Camat Lima Puluh ‘dicaplok’ dan dijadikan kantor Bupati Batu Bara pada awal pemekaran.

Kantor Camat Lima Puluh kemudian dipindah ke rumah Dinas Camat waktu itu di Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh.

Seiring perkembangan waktu, kantor Camat Lima Puluh direnovasi dan dibangun megah dengan rumah dinas dipindah ke bagian belakang kantor.

Namun begitu kantor Camat Lima Puluh selesai direnovasi dan dibangun, lagi lagi Camat dan perangkatnya disuruh pindah ke bangunan bekas sekolah dasar yang tidak difungsikan lagi.

Meski sudah pindah 2 kali, kembali kantor Camat Lima Puluh dipindah ke bangunan ex. kantor UPT Disdik Kec. Lima Puluh di Jalan Pelajar Lima Puluh.

“Hanya itulah yang diperbuat Pemkab Batu Bara untuk Ibu Kota kabupaten,” sesal Zainuddin.

Seharusnya menurut Zainuddin Kantor Camat dan kantor Lurah di ibukota harus sudah permanen. Demikian juga luas wilayah harusnya sudah bisa bertambah menjadi tiga kali lipat dari luas sekarang.

Camat Lima Puluh Adri Aulia Harahap, S.STP kepada wartawan mengakui pihaknya telah mengajukan kantor ex UPT Disdik Lima Puluh yang sekarang dijadikan kantor Camat menjadi kantor definitif. (Yus)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.