Connect with us

Batu Bara

20 Desa di Batu Bara Ditetapkan Kemendes jadi “Desa Cerdas”, ini Daftarnya

Published

on

Jangkau.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia mengumumkan surat keputusan penetapan Desa Cerdas Fase II tahun 2022.

Dalam SK Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 55 Tahun 2022 tentang 1000 desa lokasi desa cerdas, di Sumatera Utara ada dua kabupaten yang masuk daftar nominasi yakni Kabupaten Toba dan Kabupaten Batu Bara.

Untuk Batu Bara sendiri, ada 20 desa yang tersebar di 11 kecamatan yang masuk daftar 1000 desa lokasi desa cerdas fase II tahun 2022. Berikut daftarnya:

  1. Mangkai Lama.
  2. Dahari Selebar
  3. Guntung
  4. Mekar Baru
  5. Pematang Kuing
  6. Sei Suka Deras
  7. Brohol
  8. Laut Tador
  9. Perkebunan Tanjung Kasau
  10. Sukaraja
  11. Sipare-pare
  12. Sentang
  13. Mekar Laras
  14. Pematang Rambai
  15. Pulau Sejuk
  16. Aek Nauli
  17. Sei Buah Keras
  18. Durian
  19. Nenassiam
  20. Kampung Lalang.

Desa Cerdas (Smart Village) merupakan program yang diluncurkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk meningkatkan literasi dan pemahaman digital di tingkat pemerintahan terendah, yakni desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjelaskan smart village merupakan program pembangunan desa yang menerapkan teknologi untuk mewujudkan berbagai terobosan dan mengantarkan desa menjadi Desa Mandiri.

“Smart village adalah pembangunan desa yang berbasis penerapan teknologi tepat guna. Dengan penerapan teknologi ini diharapkan desa bisa melakukan berbagai capaian terobosan sehingga memenuhi kualifikasi untuk masuk kategori Desa Mandiri,” tuturnya.

20 desa di kabupaten Batu Bara yang masuk daftar 1000 desa lokasi desa cerdas.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.