Connect with us

Batu Bara

Atasi Banjir, Zahir Kerahkan Alat Berat Keruk Sungai

Published

on

JANGKAU.com, Batu Bara – Bupati Batu Bara Zahir kerahkan satu unit alat berat (excavator) untuk melakukan pengerukan di sejumlah titik yang ditenggarai sebagai penyebab banjir.

Tindakan tersebut dilakukan Zahir didampingi anggota DPRD Kabupaten Batu Bara
M. Syafii dan Usman, serta Kadis PU, Sosial, Camat Lima Puluh Pesisir dan Talawi meninjau sejumlah lokasi banjir yang menerjang Batu Bara, Rabu (30/10/2019).

“Kita sudah melihat beberapa titik yang menyebabkan banjir. Ternyata banyak kanal-kanal sungai yang sedimentasinya sudah tinggi. Juga ditumbuhi tumbuhan liar di sekitar bantaran sungai,” ucap Zahir.

Untuk itu, lanjut Zahir, perlu segera dilakukan pengerukan, kita sudah turunkan eskavator, ini yang dari Medan akan segera turun juga.

Diungkapkan Bupati, memang banjir terjadi di beberapa wilayah, tidak hanya Batu Bara. Banjir yang terjadi di Batu Bara selain karena hujan juga kiriman dari hulu.

“Tapi yang harus diselesaikan, bagaimana kalau air datang, tidak lama-lama tergenang. Maka drainasenya harus bagus. Untuk itu, drainase, kanal dan sungai yang ada harus segera dinormalisasi,” kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Batubara sudah melakukan beberapa langkah dalam penanggulan bencana banjir. D iantaranya penyaluran bantuan logistik kepada korban banjir, pembuatan posko pengungsi, dapur umum serta posko kesehatan.

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan bantuan beras sebanyak 614 karung di Kecamatan Lima Puluh Pesisir yang meliputi Desa Gambus Laut, Titi Merah, Gunung Bandung, P. Panjang, Pasir Permit, dan Perupuk.

Bupati juga mengecek ketersediaan obat pada posko yang telah berdiri di setiap desa yang terkena banjir.

Diminta Bupati jangan sampai ketersediaan obat di posko habis. Mengantisipasinya, Bupati langsung memerintahkan Kadis Kesehatan untuk menyalurkan stock obat yang tersedia ke posko kesehatan di setiap titik desa yang terkena dampak banjir.

Selain itu, Bupati berharap kepada seluruh OPD Pemkab Batu Bara agar sigap dalam penanganan masalah banjir. Kepada masyarakat, dihimbau mendukung langkah-langkah yang diambil Pemkab Batu Bara.

“Kita harap masyarakat mendukung langkah-langkah yang kita buat. Ini tadi ada pula masyarakat yang menolak alat berat masuk untuk melakukan pengerukan. Namun setelah di jelaskan mereka dapat menerima dan pengerukan dapat terus di lanjutkan. Kepada OPD, kita harap lebih sigap. Ini memang sudah sigap, tapi masih kurang cepat,” ujarnya.

Hingga Rabu (30/10) petang, data jumlah rumah yang terdampak banjir di Kabupaten Batu Bara mencapai 1.955 unit.

Rumah yang terdampak banjir berada di Kecamatan Talawi 864 unit, Kecamatan Datuk Lima Puluh 445 unit dan Kecamatan Laut Tador 95 unit.

Kecamatan Medang Deras 11 unit, Kecamatan Datuk Tanah Datar 19 unit, Kecamatan Sei Suka 5 unit dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir 614 unit. (eps)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.