Connect with us

Batu Bara

Bangun Pelabuhan Hub Kuala Tanjung, Pelindo Ingin Warga Terdampak Rasakan Manfaat

Published

on

Jangkau.com, Batu Bara – Demi percepatan pengembangan Kawasan Industri dan Pelabuhan hub Internasional Kuala Tanjung, Batu Bara, Sumatera Utara. Rencananya Kilang Minyak dan Petrokimia milik PT Pertamina akan segera dibangun di lokasi proyek strategis di selat malaka tersebut.

Dalam pengembangannya, untuk membangun dan mengoperasikan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung pemerintah pusat telah menugaskan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) persero.

Pelindo I membutuhkan penetapan lokasi (Penlok) 1.700 hektar lahan, di mana 1.128 hektar untuk kebutuhan lahan kilang dan petrokimia pertamina, dan 500 hektar untuk cluster industri pendukung lainnya.

Menunjang percepatan pengembangan proyek strategi nasional ini. Perwakilan PT Pelindo I, Asih Kurnia, mengatakan akan pentingnya peran serta dukungan masyarakat dalam pertisipasi pembangunan.

“Pelindo I ditugaskan melalui Perpres 81 tahun 2018 untuk melaksanakan proyek ini. Pelindo I tidak bisa menjalankan proyek ini tanpa dukungan pemerintah pusat dan daerah, khususnya dukungan dari warga yang terdampak,” terang Manager Stakeholder Organisasi Proyek Kuala Tanjung, Asih Kurnia, kepada media, Selasa (11/02/2020) malam.

Mengenai masyarakat yang terkena dampak akibat pembebasan lahan yang meliputi dua desa, yakni Desa Kuala Tanjung dan Desa Kuala Indah, Pelindo I berkomitmen agar tidak ada warga yang dirugikan dengan proses pembebasan lahan untuk proyek tersebut.

“Untuk itu, Pelindo I berkomitmen agar masyarakat yang terdampak ini harus merasakan manfaat dari proyek ini,” pungkas Asih. **(lk)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.