Connect with us

News

Bupati Batu Bara Kembali Tegaskan Kawasan Industri Berdiri Bila Warga Menyambut

Published

on

Jangkau.com, Batu Bara – Untuk mempercepat pembangunan harus digencot PAD nya. Menggenjot PAD termasuk menerima proyek strategis nasional di Kabupaten Batu Bara seperti kawasan industri dan kilang minyak dan gas di Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara.

Demikian disampaikan Bupati Batu Bara, Zahir, pada pelantikan pengurus 12 Divisi Gemkara Kecamatan se Kabupaten Batu Bara di di Pantai Sojono (Perjuangan) Kecamatan Medang Deras, Batu Bara, Sabtu (22/02/2020) petang.

Namun diingatkan Bupati, meski telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional, investor baru mau masuk bila masyarakat mendukung pembangunan.

“Seperti pembebasan lahan untuk kawasan industri yang harus disetujui warga pemilik tanah,” terang Zahir.

Dikatakan Bupati, warga harus bersedia menyerahkan surat tanahnya kepada pemerintah untuk dinilai dan ditetapkan harganya.

“Bila masyarakat tidak melaksanakan itu dipastikan investor tidak mau masuk,” imbuhnya.

Terkait Penlok (penetapan lokasi) yang sudah bolak balik diminta Pelindo I namun tetap belum dapat diberikan Pemkab Batu Bara. Dikatakan Bupati, apabila lahan telah tersedia dan telah diganti rugi maka Pemkab Batu Bara akan mengeluarkan Penlok.

“Penlok tidak akan kita serahkan meski Pelindo telah minta sebelum jelas lokasinya dan telah dilakukan pembebasan lahan masyarakat melalui pembayaran ganti rugi,” tegas Zahir.

Gemkara diminta Bupati ikut berperan dengan memberi pengertian dan pemahaman kepada masyarakat yang tanahnya terkena proyek pembangunan Pelindo agar betsedia menyerahkan surat tanahnya untuk dinilai.

Kembali diingatkan Bupati, Belawan dan Aceh juga ingin lokasi industri ditetapkan di daerahnya.

“Mereka meminta itu karena kawasan industri jelas menguntungkan daerah dan masyarakat,” sebutnya.

Untuk kawasan industri kilang minyak dan gas saja butuh 25.000 orang belum lagi kawasan industri yang akan membutuhkan 80.000 pekerja.

Ditegaskan Bupati, kuota tenaga kerja akan diutamakan diisi putra Batu Bara. Namun tidak sebesar itu pengangguran di Batu Bara sehingga kekurangannya akan direkrut dari wilayah sekitar Batu Bara dan dari wilayah provinsi Sumatera Utara. (Yus)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.