Connect with us

Batu Bara

Inalum Launching Desa Binaan Kampung Tani Agriwisata Lubuk Cuik

Jangkau.com, Batu Bara – Aktif membantu masyarakat di tengah Pandemi COVID-19, PT Inalum perusahaan plat merah kebanggaan Indonesia ini menunjukkan kepeduliannya kepada para petani yang mengelola pertanian di sekitar jalur transmisi listrik Inalum.

Dalam launching program bertajuk “Desa Binaan Inalum Kampung Tani Agriwisata Lubuk Cuik”, Inalum menyerahkan bantuan tahap pertamanya untuk Desa Lubuk Cuik berupa perbaikan 2 unit gapura, revitalisasi 1 unit saung tani, pembuatan icon Desa, pemasangan tong sampah di 5 titik lokasi, bantuan pupuk sebanyak 1,5 ton untuk 30 petani, serta bedah rumah sebanyak 3 unit rumah.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Departemen CSR Inalum, Ismail Midi kepada Kepala Desa Lubuk Cuik, Juliadi yang disaksikan Perwakilan Camat Lima Puluh Pesisir, Sabri selaku Sekretaris Camat dan Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara, Hendra Kumara, Kamis (09/07/2020).

Kepala Departemen CSR Inalum, Ismail Midi menyampaikan komitmennya dalam pemberdayaan masyarakat.

“Melalui dana Program Bina Lingkungan kami terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat yang berdomisili di sekitar Perusahaan, terutama untuk masyarakat yang berdomisili di daerah-daerah yang dilintasi transmisi Inalum seperti Lubuk Cuik ini,” kata Ismail Midi, Kamis (09/07/2020).

Kata Ismail Midi, saat ini Lubuk Cuik merupakan pilihan sebagai Desa Binaan tahap 1 dikarenakan Desa ini memiliki potensi yang bagus di bidang pertanian cabai.

“Selain itu kami berharap juga melalui bantuan sarana umum ini, nantinya Desa Lubuk Cuik dapat berkembang menjadi Desa Agriwisata yang dapat tentunya juga dapat meningkatkan perekonomian warganya,” terang Ismail.

Di lakasi yang sama, Kepala Desa Lubuk Cuik, Juliadi menyampaikan apresiasinya ke pihak Inalum yang telah melirik desanya sebagai Desa Binaan.

“Terima kasih kepada Inalum atas bantuan CSR-nya kepada Desa kami, bantuan ini bukan yang pertama, bahkan sebelumnya kami juga pernah mendapat bantuan peralatan tani, perbaikan sarana irigasi air, serta pinjaman lunak program kemitraan,” kata Juliadi Kades Lubuk Cuik.

Tanpa adanya Inalum, lanjut Kades, kami belum tentu berkembang seperti saat ini, tentunya kami akan memanfaatkan bantuan ini secara maksimal agar dapat memberikan dampak positif bagi warga Lubuk Cuik.

“Sekali lagi saya mewakili warga saya mengucapkan terimakasih,” pungkas Kades.

Di kesempatan berbeda, Deputi Sekretaris Perusahaan INALUM, Mahyaruddin Ende dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa selain bantuan kepada masyarakat, Inalum juga aktif mencegah penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol di lingkungan Perusahaan.

“Protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan Inalum aktif diterapkan sejak tanggal 22 Maret 2020 dengan melakukan pemeriksaan suhu terhadap setiap tamu yang masuk ke dalam area Pabrik Peleburan Aluminium Kuala Tanjung, PLTA Paritohan dan Komplek Perumahan yang ada di Tanjung Gading maupun Paritohan,” kata Ende.

Selain itu, Inalum juga menerapkan larangan bagi seluruh Pegawainya untuk tidak berpergian ke daerah terjangkit.

“Menghimbau seluruh pegawai untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makan, istirahat dan olahraga yang cukup serta selalu mencuci tangan secara berkala,” terang Ende.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.