Connect with us

Dunia

Irlandia Negara Pertama di Uni Eropa Akui Pencaplokan Isreal atas Tanah Palestina

Published

on

Bendera Palestina dipasang berderet di Lembah Yordania, Tepi Barat.

Jangkau.com – Irlandia menjadi negara pertama di Uni Eropa yang mengakui tindakan aneksasi de facto Israel atas tanah Palestina.

Parlemen setempat menyetujui mosi parlementer mengutuk aneksasi tanah Palestina oleh Israel.

Mosi itu dibawa ke parlemen oleh partai oposisi, Sinn Feinn. Pada Rabu (26/5/2021), mosi disetujui dan mendapat dukungan lintas partai.

Dengan disetujui mosi itu, Irlandia adalah negara Uni Eropa pertama yang mengakui aksi Israel di Palestina sebagai aneksasi atau pengambilan tanah.

Menlu Irlandia, Simon Coveney, mengatakan mosi parlemen merupakan sinyal jelas dari seluruh warga Irlandia soal dukungan terhadap Palestina.

“Skala, kecepatan, dan sifat strategis aksi Israel memperluas pemukiman dan keinginan di balik itu membawa kami pada poin jujur bahwa yang terjadi di lapangan, secara de facto adalah aneksasi,” kata Coveney seperti dikutip dari AlJazeera.

“Ini bukan sesuatu dalam pandangan saya bisa dianggap enteng. Kami adalah negara Uni Eropa pertama yang melakukannya. Kami punya keprihatinan besar tentang maksud dan tujuan tersebut dan dampaknya,” sambung dia.

Pemimpin Partai Sinn Fein, Mary Lou, mengatakan usai mosi disepakati maka dukungan Irlandia kepada Palestina harus tetap teguh.

“Ini harus menandai konfrontasi baru yang tegas dan konsisten terhadap kejahatan Israel terhadap Palestina,” ucap Lou.

Langkah Irlandia diambil tak lama usai Israel menggempur salah satu wilayah di Palestina, Gaza, selama 11 hari. Akibat gempuran tersebut 254 warga Palestina kehilangan nyawa.

Continue Reading
Advertisement
11 Comments

11 Comments

  1. Pingback: where can i get priligy

  2. Pingback: buy hydroxychloroquine pills

  3. Pingback: success of hydroxychloroquine

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.