Connect with us

Nasional

Jokowi : Jangan Minder Negara Lain Lebih Baik, Kita Bisa!

Published

on

Jangkau, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa tenaga kerja konstruksi di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara maju lain.

Hal ini disampaikan Jokowi saat sertifikasi tenaga kerja konstruksi serentak di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Total, ada 9700 tenaga kerja konstruksi di tanah air yang disertifikasi serentak, mulai dari tukang, mandor, drafter, surveyor, operator, pelaksana hingga pengawas.

“Kalau orang Jepang bisa membangun dengan kualitas yang baik, orang Jerman bisa membangun dengan kualitas yang baik, kenapa kita di indonesia enggak bisa? Bisa kita!” kata Jokowi disambut tepuk tangan ribuan pekerja konstruksi yang hadir.

“Kita harus merasa yakin bahwa kita juga bisa melakukan seperti yang mereka kerjakan. Jangan merasa inferior, jangan merasa minder bahwa mereka lebih baik. Tidak!” tambah Jokowi.

Tetapi, Jokowi mengakui kualitas dan keterampilan pekerja konstruksi harus terus ditingkatkan.

Jokowi mengatakan, saat ini ada 7 juta pekerja konstruksi baik di kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Usaha Milik Negara, maupun dari pihak swasta.

Namun, yang bersertifikat baru 9 persen atau sekitar 600.000 pekerja. Oleh karena itu, pemerintah terus mengebut program sertifikasi untuk pekerja konstruksi ini.

“Dengan tenaga kerja konstruksi yang terlatih dan bersertifikat, saya yakin kita bisa mengejar ketertinggalan infrastruktur, terutama kita ingin meningkatkan kualitas,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Namun, Jokowi juga mengingatkan bahwa sertifikasi yang dilakukan oleh pemerintah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya.

Jangan sampai pekerja konstruksi menghalalkan segala cara hanya untuk mendapatkan selembar sertifikat.

“Jangan sampai program percepatan ini jadi ajang untuk jual beli transaksi selembar sertifikasi,” kata dia.

Continue Reading
Advertisement
20 Comments

20 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.