Connect with us

Batu Bara

KAMPAK Minta Kajari Limapuluh Tangkap Hunainsyah Kepala BPKAD Batubara

Published

on

Jangkau.com, Batubara – Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (KAMPAK) Batubara meminta Kejaksaan Negeri Limapuluh memeriksa dan menangkap Hunainsnya, selaku Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Batubara.

Permintaan itu terkait adanya tindakan melawan hukum yang dilakukan Hunainsyah serta penyalah gunaan Anggaran yang menyebabkan kerugian keuangan Negara sebesar Rp. 1 Milyar Rupiah.

Kepala BPKAD Kababupaten Batubara diduga telah melakukan permufakatan jahat dengan Ketua Pramuka Kwarcab Asahan.

Sebeleumnya, Kejaksaan Negeri Asahan telah menetapkan Ketua Gerakan Pramukan Kwartir Cabang (KWARCAB) Asahan, Amir Hakim sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penggunaan dana hibah yang bersumber dari P-APBD Kabupaten Batu bara TA.2015 sebesar Rp. 1 milyar, dengan Surat Penetapan Tersangka bernomor PRINT-01/N.2.23/Fd.1/02/2018 tertanggal 05 Pebruari 2018 terhadap tersangka AH, SP.

Dana hibah pemkab Batubara tersebut diperoleh oleh Pramuka kwarcab Asahan dari hasil penjualan asset milik negara yang dahulunya masih dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Asahan, namun dikarenakan terjadi pemekaran kabupaten sehingga asset yang berada di wilayah Kabupaten Batubara diperjual belikan oleh tersangka selaku ketua Gerakan pramuka Kwartir Asahan.

“Seharusnya semua asset negara tidak dapat diperjual belikan oleh siapapun, sehingga negara mengalami kerugian sebesar satu milyar rupiah,” ungkap ketua Kampak Batubara, Asro Hasibuan, selasa, (20/03/2018).

Asro mengungkapkan, bahwa dari hasil audit BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatra Utara No 44.c/LHP/XVIII.MDN/06/2016 telah ditemukan adanya penyimpangan pada penerimaan Hibah TA. 2015 dari Pemkab Batubara untuk Pramuka Kwartir Cabang Asahan Sebesar 1 milyar tersebut  yang tidak diyakini kewajarannya. [Yusro Hasibuan]

Continue Reading
Advertisement
6 Comments

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.