Connect with us

Opini

Kuala Tanjung Bersiap, Ini Sudah Tahap Pelaksanaan Loh

Danil Fahmi, SH.

Banyak yang mengabarkan tentang Penetapan Lokasi (penlok) pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung pada Jumat, 28 Februari 2020. Penandatanganan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sumatera Utara oleh Bupati Kabupaten Batu Bara, Zahir, sebagai penerima amanah pelimpahan wewenang pelaksana pembebasan lahan untuk Kawasan Industri Kuala Tanjung dengan disaksikan oleh Gubernur Edy Rahmayadi dan Pelindo I — PT. Prima Pengembangan Kawasan sebagai Project Owner.

Setelah itu gemuruh masyarakat nyaris menurun dan hilang dibandingkan masa konsultasi publik. Penulis sendiri larut dalam kesibukan dan seketika tersentak, dengan satu pertanyaan, “apakah warga tahu apa tahapan selanjutnya dari pembebasan lahan ini ?

Yang ada adalah berita-berita picisan yang mengabarkan Bupati Zahir akan memindahkan lokasi kawasan industri Kuala Tanjung ke wilayah lain di Batu Bara.

Masyarakat hampir kehilangan logika berfikir, padahal berita penandatanganan penetapan lokasi (penlok) sudah ditandatangani oleh Bupati.

Management Issue kah atau memang tak ada edukasi yang baik dilakukan oleh pemangku amanah serta intelekual-intelekual aktivis Batu Bara.

Aku mencoba merangkum tahapan demi tahapan yang disajikan oleh UU No. 12 tahun 2012 tentang pengadaan tanah untuk kepentingan umum antara lain 4 (empat) tahapan pengadaan tanah : (1.) Perencanaan, (2.) Persiapan, (3.) Pelaksanaan, dan (4.) Penyerahan hasil.

Pada tulisan sebelumnya, penulis telah mengingatkan betapa sexy nya tahapan persiapan yang di antaranya berisi Konsultasi Publik, Surver Lokasi Tanah dan Penetapan Lokasi.

Tak banyak yang tahu bahwa sembari konsultasi publik, Project Owner –PT. PPK– bersama pemkab Batu Bara telah menunjuk dan menugaskan tim survey yang bekerja untuk melakukan mapping lokasi tanah yang akan dijadikan objek pembebasan dan Jumat, 28 Februari lalu objek dimaksud sudah ditanda tangani oleh Bupati Batu Bara.

Penlok yang diserahkan adalah rangkuman dan deskripsi detail bidang-bidang tanah, bangunan tanaman tanaman serta variabel lain diatasnya wilayah yang akan dijadikan Kawasan Industri Kuala Tanjung.

Selanjutnya masyarakat harus mengetahui dan memahami bahwa sudah memasuki tahapan ketiga dari proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum yaitu tahapan pelaksanaan.

Satu kata yang harus difahami. Ini adalah tahapan pembebasan “dilaksanakan”, bukan “dipindah” atau bahkan “tidak jadi”.

Tahapan pelaksanaan akan dimulai dengan proses pelimpahan kewenangan pelaksanaan pembebasan tanah dari Gubernur/Bupati kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kanwil Sumut yang seterusnya dilimpahkan kepada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten.

Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) akan menjabat sebagai kepala panitia pelaksana pembebasan lahan dengan membentuk dua panitia inti, yaitu: 1. Satuan Tugas (Satgas) A, dan 2. Satuan Tugas (Satgas) B.

Adapun fungsi Satgas terbagi ke dalam, yaitu Satgas A yang bertugas melakukan pengukuran bidang dan pengecekan detail tanah dan bangunan di lapangan dan Satgas B yang bertugas pengumpulan data bidang seperti alas hak, PBB dan lain-lain.

Hasil dari kedua satgas adalah daftar nominatif keseluruhan detail tanah yang dijadikan objek pembebasa antara lain ukuran bidang objek, detail bangunan dan tanaman. Setelah data output dari tim, selanjutnya akan dilakukan pengumuman selama 14 (empat belas) hari kalender untuk menyediakan ruang dan waktu bagi warga memberikan sanggahan atas data yang diumumkan oleh satgas.

Berakhirnya masa penyampaian keberatan atau sanggahan akan dilanjutkan dengan penunjukan tim appraisal (penilai atau penaksir), yang lebih umum dikenal dengan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Kerja KJPP yang independen dalam melakukan penilaian terhadap bidang-bidang objek tanah dan bangunan yang akan dibebaskan disyaratkan dalam UU pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Di sini KJPP tidak dintervensi oleh pihak manapun baik pemerintah, project owner dan pemilik lahan. Selanjutnya KJPP akan menyerahkan laporan hasil penilaian kepada Panitia Pelaksana yaitu BPN Kabupaten untuk dipergunakan dalam proses tahapan ganti rugi pembebasan lahan.

Masyarakat terdampak akan diundang pada tahapan musyawarah bentuk ganti kerugian yang dilaksanakan oleh tim pelaksana pembebasan lahan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan project owner.

Penulis ingatkan bahwa musyawarah yang dilaksanakan untuk menentukan bentuk ganti kerugian bukan menentukan jumlah ganti rugi, karena jumlah ganti rugi sudah ditentukan oleh KJPP dan tidak lagi dalam tahapan sanggahan.

Terjadi kekeliruan di masyarakat bahwa dalam berbagai musyawarah terjadi kericuhan dikarenakan warga merasa tidak terima dengan surat yang berisikan jumlah dan bentuk ganti rugi yang disampaikan kepada warga saat musyawarah. Sehingga tujuan musyawarah untuk menentukan bentuk pembayaran ganti rugi yang diberikan tidak tercapai.

Pada tahapan ini, maka hampir seluruh tahapan ketiga (pelaksanaan) sejatinya sudah hampir selesai, selebihnya hanya tinggal penetapan waktu dan tempat pelaksanaan ganti rugi kepada warga.

Untuk memberikan solusi kepada masyarakat terdampak, UU menyediakan mekanisme sanggahan bila ada detail bidang dan bangunan yang tidak sesuai kepada KJPP. Sedangkan keberatan atas nominal pembayaran ganti rugi hanya akan dilakukan melalui jalur pengadilan sesuai Peraturan MA No. 3 tahun 2016 tentang Tata Cara Pengajuan Keberatan dan Penitipan Ganti Kerugian ke Pengadilan Negeri Dalam Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Akhirnya yang dapat kita lakukan adalah memahami tahapan demi tahapan dan mengambil tindakan untuk kepentingan masyarakat terdampak pembebasan lahan untuk kawasan industri Kuala Tanjung sehingga tidak terjadi gagal faham yang merugikan kepentingan dan rasa keadilan masyarakat.

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. adreamoftrains website hosting companies

    Agustus, 11/08/2020 at 12:00 pm

    whoah this blog is magnificent i like studying your articles.
    Stay up the good work! You realize, a lot
    of people are looking around for this information, you
    can aid them greatly. adreamoftrains web hosting companies

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.