Connect with us

News

KY Pantau Persidangan Kasus Jurnalis Yusroh

Published

on

Jangkau.com, Asahan – Komisi Yudisial (KY) pantau jalannya sidang perkara UU ITE Jurnalis Muhamad Yusroh Hasibuan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Asahan, kamis (28/02/2019).

Melalui Divisi Pemantuan KY Penghubung Sumut, Bambang Irawan mengatakan, KY melakukan pemantauan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi Yudisial, salah satunya adalah melakukan pemantau persidangan.

“Karena kasus ini sudah menyita perhatian publik, itu lah dasar KY melakukan pemantauan,” ucap Bambang sebelum persidangan berlangsung, kamis (28/02/2019).

Bambang menjelaskan, sikap KY melakukan pengawalan kasus persidangan ini agar majelis hakim bebas memutuskan tanpa intervensi dari pihak lain termasuk KY sendiri.

“Majelis Hakim itu bebas melakukan atau bertindak sebagai hakim yang menyidangkan perkara tanpa intervensi dari pihak mana pun” terang Bambang.

Kita sifatnya, tekan Bambang, hanya melakukan pengawasan dan pemantauan terbuka, dalam hal ini agar independensi hakim terjaga.

Jika tidak ada benturan jadwal, rencananya KY akan terus melakukan pengawasan peridangan sampai putusan.

“Tapi kalau tidak terbentur mudah mudahan kita akan terus memantau jalannya persidangan ini,” tutup Bambang.

Sebelumnya, Yusroh diancam melanggar pasal 27 ayat (3) jo pasal 45 ayat (3) UU No 19 2016 perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo pasal 316 KUHP karena tulisannya di grup WA yang berbunyi “Mengutuk tindakan refresif oknum polri, copot kapoldasu”.

Atas kalimat “copot kapoldasu” Yusroh sisangkakan telah melukan pencemaran baik kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto.

Dengan alasan jika kalimat “Copot Kapoldasu” adalah kalimat yang memnuntut untuk membebastugaskan kepala kepolisian daerah Sumut dapat menyebabkan Irjen Pol Agus Andrianto dipermalukan atau direndahkan martabatnya sebagai kapolda.***(red/jc)

Continue Reading
Advertisement
20 Comments

20 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.