Connect with us

News

Lagi, Kapolsek Medan Area Tak Siap Beri Jawaban Praperadilan Rini Agustini

Published

on

Jangkau.com, Batubara – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan kembali menunda sidang lanjutan perkara gugatan praperadilan yang diajukan oleh Rini Agustini terhadap Kapolsek Medan Area yang digelar hari ini, Rabu (27/02/2019).

Rini Agustini melalui kuasanya Lembaga Bantuan Hukum Medan (LBH Medan) mengajukan praperadilan terkait peristiwa penangkapan dan penahanan suaminya yakni Lesmana Hutapea oleh Polsek Medan Area yang dinilai asal asalan dan melanggar prosedur.

Lewat hakim tunggal, sesuai kesepakan antara pemohon dan termohon pada sidang sebelumnya, jika sidang hari ini mengagendakan pembacaan pembacaan permohonan praperadilan sekaligus dari termohon.

Namun faktanya para termohon telah ingkar terhadap kesepakatan sidang dan perintah hakim karena para termohon masih belum dapat meberikan jawabannya.

Atas kejadian ini, Divisi Buruh dan Kaum Miskin Kota LBH Medan, Maswan Tambak dalam keterangan kepada wartawan menilai para termohon sebagai aparat penegak hukum tidak taat proses hukum dan tidak profesional.

“Tidak salah jika POMOTER (profesional, modern dan terpercaya) sebagai slogan kepolisian yang hanya slogan belaka namun tidak dimaknai sebagaimana Kepolisian bertindak demi kepentingan hukum masyarakat,” terang Maswan dalam press rilis, Rabu (27/02/2019).

Melihat ketidak profesionalan ini, LBH Medan meminta kepada pejabat tertinggi di lingkungan Kepolisian daerah sumatera utara beserta jajarannya dapat berbenah demi pelayanan yang lebih TRANSPROMER (transparan, profesional dan merakyat).

Sehingga, lanjut Maswan, melalui TRANSPROMER tersebut dapat tergambar instansi penegak hukum (Kepolisian) di Daerah Sumatera Utara yang heroik dan dapat dipercaya sebagai lembaga yang mampu memenuhi kebutuhan perlindungan hak-hak masyarakat yang berkaitan dengan lembaga kepolisian.

Untuk persidangan berikutnya LBH Medan berharap agar para termohon dapat menunjukkan itikad baik dan keprofesionalannya.***

Continue Reading
Advertisement
88 Comments

88 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.