Connect with us

News

Mensos Minta Bupati Terbitkan SK Daftar Korban Hilang Di Danau Toba

Published

on

Jangkau.com, Simalungun – Menteri Sosial Idrus Marham mengintruksikan agar Bupati segera menerbitkan SK daftar identitas warganya yang hilang untuk diberikan bantuan kepada keluarga.

Itu disampaikan Idrus saat menemui keluarga korban kapal penumpang KM Sinar Bangun di tenda posko terpadu bencana di Pelabuhan Tigaras kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (24/06/2018)

“Yang penting saya minta kepada bupati membuat keputusan iniloh warga saya, bupati harus memberikan jaminan ini warga saya yang ikut dikapal itu, dari data SK Bupati itu pemerintah akan memberikan bantuan secepatnya kepada keluarga yang ada,” ucap Idrus

“Jadi jangan susah susah, kita sudah susah jangan lagi pesrsusah mereka,” Tambahnya

Dalam kunjungan itu, Mensos Idrus Marham menyerahkan santunan dari Kementerian Sosial RI untuk dua korban tewas kepada ahli waris, masing-masing Rp 15.000.000.

Korban selamat juga akan diberikan bantuan melalui Kemensos, untuk itu supaya keberadaan mereka didata.

Dia menegaskan komitmen Pemerintah untuk penangangan bencana tersebut dengan melakukan upaya kemanusiaan secara maksimal.

Masyarakat diajak untuk memanjatkan doa supaya kapal dan penumpang yang tenggelam ditemukan.

Idrus meminta agar memfokuskan diri terhadap pencarian korban yang hilang, dan tidak membahas soal manifes.

“Gak usah diurusi Manifes itu, yang penting negara harus hadir dan kita berikan bantuan, jangan bicara manifes ini kita sudah tau gak mungkin ada manifes. Ini jelas kapasitasnya 50-60 tetapi ada 200 gak mungkin ada manifes,” ucap Idrus Marham

KM Sinar Bangun berlayar dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tiga Ras kabupaten Simalungun pada Senin, 18 Juni 2018 kira-kira pukul 16.30 Wib.

Menjelang satu mil Pelabuhan Tiga Ras kapal yang penuh penumpang itu dihantam ombak sehingga terbalik dan tenggelam.

Sebanyak 18 orang selamat, tiga ditemukan tewas dan diperkirakan 184 penumpang lainnya masih hilang.

Continue Reading
Advertisement
592 Comments

592 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.