Connect with us

Batu Bara

ODP Corona di Batu Bara Naik Jadi 167 Orang

Jangkau.com, Batu Bara – Pemkab Batu Bara beserta OPD terkait terus menggencarkan upaya penanganan Covid-19 terlebih setelah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 167 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding sehari sebelumnya yang baru mencapai 134 orang.

Demikian dipaparkan Ketua Gugus Penanganan Covid 19 Kabupaten Batu Bara, Anuardi, di Lima Puluh, Rabu (01/04/2020) petang.

Dikatakan Anuardi, berdasarkan nomenklatur memang Kepala BPBD langsung menjadi Ketua Gugus namun dalam pelaksanaannya, masing masing OPD menyusun langkah langkah penanganan dan pencegahan.

Menjawab wartawan terkait langkah pengamanan yang dilakukan Pemkab Batu Bara terhadap ODP disebutkan Anuatdi bahwa terhadap setiap ODP telah dijelaskan protokol pengamanannya.

Seluruh Puskesmas, Pustu dan Bidan Desa bersama Kepala Desa atau Lurah terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan terhadap mereka.

Namun diakui Anuardi hingga saat ini belum diwajibkan melakukan penyemprotan disinfektan di setiap rumah ODP.

“Kita dukung penyemprotan disinfektan disetiap rumah ODP. Akan kita koordinasikan dengan OPD terkait agar dilaksanakan,” ujar Anuardi.

Mengenai anggaran yang disediakan untuk penanganan Covid 19 di Kabupaten Batu Bara, disebutkan Anuardi sesuai arahan Bupati Batu Bara Zahir saat sidak RSUD Batu Bara naik dari Rp. 3,5 M menjadi Rp. 10 M.

Masih menurut Anuardi, anggaran darurat penanganan Covid 19 yang diambil dari dana cadangan Pemkab Batu Bara dapat dipergunakan untuk berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti alat semprot, pembuatan disinfektan, masker, honor relawan dan biaya media. (amr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.