Connect with us

Batu Bara

Petinggi TBUPP Buka Konsultasi Publik, Umbar Selalu Beri 78 M untuk Batu Bara

Published

on

Jangkau.com, Batu Bara – Pengembangan Pelabuhan Hub Internasional dan Kawasan Industri Kuala Tanjung dengan rencana pembanguan Kilang Minyak dan Petrokimia PT Pertamina memasuki tahap konsultasi publik untuk pengadaan lahan.

Guna penentuan lokasi (Penlok), Pemkab Batu Bara bersama pihak terkait kembali melakukan konsultasi dengan warga desa Kuala Indah yang lahanya terdampak.

Konsultasi lanjutan ini digelar di Kantor Desa Kuala Indah, Batu Bara, Sumut, Kamis (13/02/2020).

Kegiatan dibuka dengan pemberian arahan dari Syaiful Syafri, seorang petinggi Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Batu Bara.

Peraturan Bupati Batu Bara nomor 13 tahun 2019 tentang TBUPP menjelaskan jika TBUPP bukanlah Perangkat Daerah.

Tidak maksimal dalam pemberian informasi terkait tahapan demi tahapan proses pembebasan lahan.

Syaiful Syafri malah memaksimalkan moment itu dengan memaparkan kinerja masa lalu juga anggan dirinya ke depan.

“Saya Syaiful Syafri bapak dan ibu sudah pensiun. Tahun 2008 waktu kabupaten kita dimekarkan saya bupatinya, kemudian saya pulang ke medan, saya bangun perpustakaan desa seluruh sumatera utara, saya bagi-bagi itu mobil perpustakaan keliling,” kata Syaiful Syafri di hadapan masyarakat, Kamis (13/02/2020).

Dia menjelaskan akan dirinya di masa lalu saat terakhir meninggalkan jabatannya sebagai kepala dinas pendidikan sumatera utara selalu menggelontorkan miliaran rupiah untuk Batu Bara.

“Untuk kabupaten Batu Bara 78 miliar tiap tahun saya kirimkan ke mari untuk pendidikan anak-anak kita,” sebutnya.

Mengenai keributan di Konsultasi sebelumnya, Syaiful Syafri juga mengakui pristiwa kericuhan atas penolakan konsultasi publik sebelumnya akibat tidak ada dirinya di lokasi.

“Hari ini saya hadir di sini, yang dua hari yang lalu atau tiga hari yang lalu saya tidak bisa hadir karena saya berada di medan. Mungkin kalau saya hadir tidak terjadi kericuhan-kericuhan itu,” klaim Syaiful Syafri di hadapan warga.

Selain ketua TBUPP, hadir dalam kesempatan tersebut Asisten I Pemkab Batu Bara (Rusian Heri), Plt Kadis Lingkungan Hidup Batu Bara (Iskandar), Perwakilan Pelindo I (Asih Kurnia), Perwakilan PT PPK (Budi Setiadi), Kabag Ops Polres Batu Bara (Rudi), Perwakilan BPN Asahan-Batu Bara (Lina), Perwakilan TNI, unsur Tim Persiapan Pengadaan Lahan, Camat Sei Suka (Adil Hasibuan), unsur Pemerintahan Desa Kuala Tanjung, dan pemilik lahan yang terkena dampak rencana pembangunan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.