Connect with us

Kilas Daerah

Sidang Putusan, Massa HMI Demo di PN Kisaran Minta Vonis Bebas Arwan Cs

Published

on

Massa HMI HMI Cabang Lhokseumawe - Aceh Utara yang datang ke Kisaran untuk menyuarakan vonis bebas untuk rekan Himpunan Arwan Syahputra Cs.

Jangkau.com, Kisaran – Puluhan massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi damai di Pengadilan Negeri (PN) Kisaran di tengah akan berlangsung sidang pembacaan vonis terhadap Arwan Syahputra dan Heri Gunawan Selasa (2/3/2021).

Aksi massa tersebut datang HMI Cabang Lhokseumawe – Aceh Utara yang datang ke Kisaran untuk menyuarakan vonis bebas untuk rekan Himpunan Arwan Syahputra Cs.

Pantauan media, puluhan massa terlihat berbaris di halaman PN Kisaran, Asahan berbaris rapi memakai masker, menjaga jarak, menaati protokol kesehatan.

Koordinator aksi, Muhammad Fadli dalam orasinya meminta Hakim untuk memvonis Arwan Syahputra Cs, sebab mengkritik pemerintah tidak sepatutnya berujujung pada pemenjaraan.

“Secara Fakta persidangan, Arwan Sangat layak untuk di vonis bebas oleh majelis Hakim, maka sayogianya majelis Hakim PN kisaran Memutus bebas saudara Arwan dan rekan-rekanya,” kata Fadli.

Menurut Fadli, jika Arwan Syaputra Cs tidak divonis bebas, akan melahirkan preseden buruk sistem peradilan dan menjadi satu indikator bahwa indeks demokrasi benar telah merosot.

“Kita semua, dalam rangka semangat menjadikan negara Indonesia negara maju dengan demokrasi yang modern, maka Hakim sebagai unjung tombak keadilan sangat tepat jika memutuskan saudara Arwan Saputra dan kawan-kawanya dengan vonis bebas,” ucap Fadli yang juga Ketua HMI Komisariat Hukum UNIMAL.

Sementara itu, Agung Septiranda Utomo dari Ketua HMI Komisariat Ekonomi Unimal menyampaikan Arwan Syahputra adalah mahasiswa yang aktif dan berprestasi, potensi yang dimilikinya sangat dibutuhkan dan akan berguna untuk bangsa dan negara.

“HMI berharap Arwan dan rekan-rekannya divonis bebas, dan kembali melanjudkan studinya di Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh dangan dukungan dan doa semua pihak menghantarkan Majelis Hakim mememutuskan dengan bijak dan seadil-adilnya,” kata Agung.

Massa aksi pun direspon perwakilan PN Kisaran yang hadir di tengah mahasiswa. Mereka difasilitasi langsung oleh Polres Kisaran untuk menerima berkas dukungan.

Berkas tersebut berupa pernyataan sikap, statment tokoh nasional terhadap kasus Arwan, serta KTP Masyarakat Aceh sebagai bentuk dukungan dan jaminan agar hakim dapat memutuskan arwan tidak bersalah.

Di hadapan massa aksi, perwakilan PN Kisaran Miduk sinaga mengatakan pihaknya akan menjadikan aspirasi mahasiswa sebagai referensi hakim dalam memeriksa dan mengadili perkara terhadap Kasus yang berjalan.

“Yakin dan Percayalah bahwa majelis Hakim yang akan menyidangkan ataupun yang sedang menyidangkan perkara ini secara obyektif dan transparan, tidak ada yang ditutupi, kita persilahkan kepada rekan pers, LSM dan mahasiswa untuk mengikuti dan menyaksikan proses peradilan yang akan berlangsung,” ucapnya.

Untuk diketahui, Pengadilan Negeri (PN) Kisaran menunda sidang pembacaan putusan yang semula dijadwalkan hari ini, selasa (2/3/2021). Sidang ditunda hingga kamis 4 maret 2021.

Continue Reading
Advertisement
6 Comments

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.