Connect with us

Batu Bara

Terkuak, Kokalum Jadi Agen Penyedia Jasa Outsourcing Buruh Pabrik

Ilustrasi

Jangkau.com, Batu Bara – Kasus pelanggaran hak ketenagakerjaan kembali mencuat di Kabupaten Batu Bara Sumatera. Kali ini pelanggaran diduga dilakukan oleh Koperasi Karyawan Inalum (Kokalum).

Pasalnya, koperasi karyawan berplat merah tersebut hingga kini masih memperkerjakan atau merekrut jasa tenaga kerja buruh pabrik.

Merujuk permenaker nomor 19 tahun 2012 tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pekerjaan kepada Perusahaan lain bahwasanya yang dapat melakukan penyerahan sebagian pekerjaan dengan menggunakan metode Perjanjian Penyediaan Jasa Pekerja atau Buruh (PPJP) adalah hanya yang berbadan hukum dengan bentuk Perseroan Terbatas (PT).

Memang pada tahun 2008 lalu, Kokalum telah mendirikan sebuah perusahaan berbadan hukum yakni PT Dinamika Mandiri Karya (PT DMK), namun ternyata tidak semua pekerja bernaung di PT DMK, dan Kokalum masih saja berdiri sebagai jasa penyedia tenaga kerja pabrik.

Hal itu terungkap saat agenda mediasi tripartit
penyelesaian sengketa ketenagakerjaan antara pekerja tergabung di Pengurus Komisariat Federasi Kontruksi Informasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (PK FKUI SBSI) di PK Kokalum/PT DMK dengan manajemen Kokalum, PT DMK dan Disnaker Batu Bara.

Saat mediasi Senin 09 maret 2020 di Kantor Disnaker Batu Bara, Muhammad Yusri ketua PK FKUI PK Kokalum/PT DMK dengan menohok mempertanyakan status Kokalum sebenarnya.

Menurutnya, jika mengacu pada Permenaker nomor 19 tahun 2012 bahwa koperasi tidak dibenarkan merekrut karyawan apalagi sampai merekrut buruh pabrik.

Yusri mengungkapkan jika Kokalum yang merupakan Koperasi karyawan Inalum ternyata masih menyalurkan tenaga kerja, masih ada buruh pabrik di Peleburan Inalum yang bekerja atas nama Kokalum.

“Nyatanya anggota kami di lapangan Mutlak Kokalum. Bukan DMK,” kata Yusri.

Serikat menilai pihak Kokalum maupun PT DMK telah melanggar aturan ketenagakerjaan dan telah memeras keringat buruh.

“Sepertinya kami bekerja di dua perusahaan sekarang. Dua badan hukum, nah itu yang terjadi,” ucapnya.

Menjawab pertanyaan dari serikat pekerja tersebut, perwakilan Kokalum atau PT DMK Muhammad Zulfikar didampingi dua rekannya membenarkan jika ada buruh pabrik diperkerjakan di Industri Inalum yang masih di bawah naungan Kokalum.

Zulfikar pun melemparkan tangggungjawab itu kepada pihak Inalum, dengan alasan pengadaan jasa buruh pabrik terjadi lantaran atas undangan user atau pemberi kerja yakni PT Inalum.

“Masalah yang di pabrik itu sih sebenarnya apa yang diundang oleh si pemberi kerja (Inalum) saat ini masih Koperasi (Kokalum) yah kita gunakanlah itu Koperasi. Dengan catatan toh hak dan kewajiban tidak ada yang kita kurangi, kalau nanti pakai badan hukum PT, yah no problem,” kata Zulfikar.

Diketahui bersama dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 19 Tahun 2012 tentang Syarat-Syarat Penyerahan 2 Sebagian Pekerjaan Kepada Perusahaan Lain di pasal 17 disebutkan ada lima bidang pekerjaan yang dapat dilakukan dengan metode Perjanjian Penyediaan Jasa Pekerja/Buruh (PPJP).

Yakni, usaha pelayanan kebersihan (cleaning service), usaha penyediaan makanan bagi pekerja/buruh (catering), usaha tenaga pengaman (security / satuan pengamanan), usaha jasa penunjang di pertambangan dan perminyakan, dan usaha penyediaan angkutan bagi pekerja/buruh.

Kemudian dalam pasal 12 disebutkan bahwa Perusahaan penerima pemborongan harus memenuhi persyaratan yakni berbentuk badan hukum dwngan bentuk Perseroan Terbatas (PT). ***(lk)

Continue Reading
Advertisement
6 Comments

6 Comments

  1. web hosting reviews

    Agustus, 12/08/2020 at 1:28 am

    I have read so many content regarding the blogger lovers but
    this piece of writing is truly a fastidious post, keep it up.

  2. adreamoftrains hosting services

    Agustus, 12/08/2020 at 8:20 am

    I am really enjoying the theme/design of your web site.
    Do you ever run into any internet browser compatibility issues?
    A handful of my blog readers have complained about my
    website not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox.
    Do you have any tips to help fix this issue? adreamoftrains web
    hosting services

  3. A cherry year a merry year a plum year a dumb year.

  4. garage demolition cost austin this page

    Agustus, 29/08/2020 at 5:19 am

    It is easier to guard a sack full of fleas than a girl in love.

  5. You cant catch a cub without going into the tigers den.

  6. black mass

    Agustus, 31/08/2020 at 10:17 am

    Nice blog here! Also your website loads up very fast!
    What web host are you using? Can I get your affiliate link to your
    host? I wish my web site loaded up as fast as
    yours lol

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.