Connect with us

Batu Bara

Tiga Fokus Utama Zahir Untuk Pembangunan Batubara

Published

on

Jangkau.com, Batubara – Calon Bupati kabupaten Batubara, Zahir, M.AP,menekankan ada tiga fokus utama untuk pembangunan Batubara yang akan dilaksanakan jika kelak dirinya terpilih sebagai Bupati.

Hal itu sebagai perbaikan dan penyempurnaan dari program yang sudah berjalan saat dirinya menjadi ketua anggota Komisi E DPRD Sumatera Utara. Demikian disampaikan Zahir saat berdialog dengan sejumlah mahasiswa dan putra daerah Batubara di medan,(8/3).

Zahir mengatakan, ada beberapa isu strategis yang harus menjadi titik fokus bupati mendatang.
Pertama: masalah penuntasan program wajar dikdas, kedua: soal pengurangan jumlah pengangguran, ketiga: penataan infrastruktur pedesaan. 
Keempat: soal peningkatan kualitas pendidikan, kelima: masalah peningkatan kualitas kesehatan dan, keenam: optimalisasi aspek birokrasi dan reformasi umum dan adminsitrasi pemerintahan daerah hingga ke tingkat desa.

Zahir menegaskan, dari keenam isu strategis tersebut, ada 3 sektor utama yang akan menjadi prioritas utamanya.

1. Bidang pendidikan, kualitas layanan di semua jenjang masih belum optimal dan belum secara merata dapat memenuhi standar pelayanan nasional. Selain itu, sarana dan prasarana pendidikan yang ada mulai dari ruang kelas dan ruang penunjang lain seperti perpus, lab, olah raga, MCK dan sanitasi belum sesuai dengan ratio jumlah siswa. Karena itu, ungkap Zahir, upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan pendidikan pada semua jenjang yang sesuai dengan standar akan menjadi prioritas. 

“Selain itu juga akan ada langkah-langkah kongkrit untuk memenuhi ketersediaan ruang kelas yang mampu menampung anak usia sekolah pada semua jenjang. Lalu pembanguan dan penataan MCK dan  sanitasi yang sesuai dengan ratio siswa. Itu untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan bermutu nasional,” tandasnya.

2.Bidang kesehatan, Calon Bupati Batubara ini, fokus memprioritaskan peningkatan pada kualitas perbaikan layanan rumah sakit baik di tingkat dasar maupun rujukan. diantaranya revitalisasi posyandu, pengembangan pustu atau poskesdes dan puskesmas rawat inap disamping penyediaan obat-obatan dan peralatan kesehatan yang memadai.

Tak hanya itu, Zahir mengungkapkan akan mengusahakan pemenuhan ruang perawatan yang baik dan layak, penyediaan peralatan kesehatan yang memadai di rumah sakit, menjamin ketersediaan obat-obatan yang cukup, serta menyiapkan tenaga kesehatan yang cukup dan cakap. 

“Prioritas lainnya adalah upaya untuk menyadarkan masyarakat agar terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

3. Bidang pengentasan kemiskinan, Zahir berjanji akan menyelesaikan terlebih dahulu permasalahan pengangguran. Ia akan melakukan penguatan dan revitalisasi beberapa sektor seperti pertanian, budaya perikanan dan peternakan sebagai potensi domestik agar bisa menyerap tenaga kerja. Menyediakan tenaga kerja siap terampil dan berkompeten untuk menjawab kebutuhan di sektor industri dan bisnis juga menjadi prioritas.

Sementara program penanggulangan kemiskinan akan dilakukan secara sistemik mulai dari pembenahan karakter masayarakat, pemenuhan kebutuhan dasar mereka seperti pendidikan, kesehatan dan tempat tinggal. 

“Membuka akses ekonomi bagi kaum miskin sangat penting bagi daerah kita yang masih tergolong bayi ini. Demikian juga ketersediaan infrastruktur yang mampu memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Membangun desa menjadi imperatif, tidak bisa tidak,” kata Zahir.

Continue Reading
Advertisement
370 Comments

370 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.